Senin, 29 Oktober 2007

Mviuycobacterium Am Complex

MAC (Mviuycobacterium Am Complex)

Apakah MAC Itu?

Kompleks Mikobakterium Avium(Mycobacterium Avium Complex/MAC) adalah penyakit berat yang disebabkanoleh bakteri umum. MAC juga dikenalsebagai MAI (Mycobacterium AviumIntracellulare). Infeksi MAC bisa lokal(terbatas pada satu bagian tubuh) ataudiseminata (tersebar luas pada seluruhtubuh, kadang kala disebut DMAC).Infeksi MAC sering terjadi pada paru,usus, sumsum tulang, hati dan limpa.Bakteri yang menyebabkan MACsangat lazim. Kuman ini ditemukan diair, tanah, debu dan makanan. Hampirsetiap orang memiliki bakteri ini dalamtubuhnya. Sistem kekebalan tubuh yangsehat dapat mengendalikan MAC, tetapiorang dengan sistem kekebalan yang lemah dapat mengembangkan penyakit MAC.Hingga 50 persen Odha mengalamipenyakit MAC, terutama jika jumlahCD4 di bawah 50. MAC hampir tidak pernah menyebabkan penyakit pada orang dengan jumlah CD4 di atas 100.Bagaimana Kita Tahu Kita MAC? Gejala MAC dapat meliputi demamtinggi, panas dingin, diare, kehilanganberat badan, sakit perut, kelelahan, dananemia (kurang sel darah merah). JikaMAC menyebar dalam tubuh, bakteri inidapat menyebabkan infeksi darah,hepatitis, pneumonia, dan masalah beratlain.Gejala ini dapat disebabkan olehbanyak infeksi oportunistik. Jadi, dokterkemungkinan akan memeriksa darah, airseni, atau air ludah untuk mencari bakteriMAC. Contoh cairan tersebut dites untukmengetahui bakteri apa yang tumbuhpadanya. Proses ini, yang disebut pem-biakan, perlu beberapa minggu. Bahkanjika kita terinfeksi MAC, sulit mene-mukan bakteri MAC.Jika jumlah CD4 kita di bawah 50,dokter mungkin mengobati kita seolah-olah kita MAC, walaupun tidak adadiagnosis yang tepat. Ini karena infeksiMAC sangat umum tetapi sulit didiag

2

Bagaimana MAC Diobati?Bakteri MAC dapat bermutasi (meng-ubah dirinya) dan mengembangkan esis-tansi (menjadi kebal) terhadap beberapaobat yang dipakai untuk mengobatinya.Dokter memakai kombinasi obat anti-bakteri (antibiotik) untuk mengobatiMAC. Sedikitnya dua obat dipakai:biasanya azitromisin atau klaritromisinditambah hingga tiga obat lain. Peng-obatan MAC harus diteruskan seumurhidup, agar enyakit tidak kembali(kambuh).Orang akan bereaksi secara berbedaterhadap obat anti-MAC. Kita dan oktermungkin harus mencoba berbagai kom-binasi sebelum kita menemukan satukombinasi yang berhasil untuk kita danmenyebabkan efek samping sedikitmungkin.Obat MAC yang paling umum dan feksampingnya adalah:Amikasin: masalah ginjal dan telinga;disuntikkan.Azitromisin (lihat Lembaran Informasi(LI) 530): Mual, sakit kepala, diare;bentuk kapsul atau diinfus.Siprofloksasin (lihat LI 531): mual,muntah, diare; bentuk tablet ataudiinfus;Klaritromisin (lihat LI 532): mual, sakitkepala, muntah, diare; bentuk kapsulatau diinfus. Catatan: Dosis maksimum500mg per hari.Etambutol: mual, muntah, masalahpenglihatan; bentuk tablet.Rifabutin: ruam, mual, anemia; bentuktablet. Banyak interaksi obat.

Rifampisin: demam, panas dingin, sakittulang atau otot; dapat menyebab airseni, keringat dan air ludah menjadiberwarna merah-oranye (dapat me-warnai lensa kontak); dapat meng-ganggu pil KB. Banyak interaksi obat.

Tidak ada komentar: